Akibat Dari Keputihan Yang Terabaikan

Thursday, January 26th 2017. | fakta keputihan

Setiap wanita mengetahui bahwa keputihan adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup menganggu. Keputihan merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu bagi para wanita. Pada dasarnya keputihan dibagi kedalam 2 golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) serta keputihan abnormal (patologis). Umumnya, keputihan normal muncul mengikuti fase menstruasi pada wanita. Hal ini menandai jika keputihan jenis ini dapat muncul setiap bulan. Sementara untuk keputihan abnormal, biasanya keputihan yang muncul disebabkan oleh infeksi yang menyebabkan rasa gatal di dalam organ kewanitaan. Bahkan terkadang menimbulkan rasa pedih yang akan terasa saat di penderita buang air kecil.

Akibat Dari Keputihan Yang Terabaikan

Keputihan yang membuat tidak nyaman tersebut jika tidak segera diobati dapat  menyebabkan masalah lain. Ada beberapa akibat keputihan yang harus diwaspadai. Salah satu dampak dari keputihan yang perlu diwaspadai adalah kemandulan. Lalu,  apa saja akibat dari keputihan pada wanita yang sering terabaikan? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Menimbulkan bau yang tidak sedap.

Kadang-kadang keputihan mengeluarkan bau yang tidak sedap, hal ini sudah pasti sangat menganggu bukan? Biasanya bau pada keputihan muncul akibat keputihan yang abnormal. Penyebab keputihan berbau tidak lain adalah bakteri atau kuman sehingga cairan yang keluar akan berbau tidak sedap.

2. Menimbulkan gatal.

Selain bau yang menganggu, keputihan abnormal kadang-kadang juga menimbulkan efek berupa rasa gatal di sekitar organ kewanitaan. Gatal juga termasuk keluhan yang banyak disampaikan wanita yang mengalami keputihan abnormal.

3. Mengalami infeksi.

Infeksi akibat keputihan berawal dari rasa gatal yang terjadi pada organ kewanitaan. Saat rasa gatal yang tidak tertahankan terjadi akibat keputihan, para wanita yang kemudian menggaruknya justru malah membuat bakteri tersebut menyebar. Disamping itu jika kuku tangan tidak steril, maka dapat menyebabkan luka kecil akibat garukan diarea yang gatal. Akibatnya, kuman bisa masuk dalam luka tersebut dan menimbulkan infeksi.

4. Menimbulkan efek nyeri pada organ kewanitaan.

Keputihan yang cukup mengganggu menyebabkan timbulnya rasa nyeri atau sakit dan nyeri pada organ kewanitaan. Penyebabnya adalah pH disekitar organ kewanitaan terganggu karena kuman dan bakteri yang mempengaruhi. Sehingga bila keseimbangan pH di dalam organ kewanitaan terganggu, lalu bakteri atau flora baik bisa berubah menjadi bakteri jahat yang selanjutnya berkembang biak membelah diri. Salah satu tandanya adalah adanya rasa nyeri saat buang air kecil.

5. Menjadi racun.

Keputihan yang tidak diobati ternyata dapat menjadi racun. Hal ini terjadi karena infeksi keputihan secara perlahan berpotensi terhadap berkembangnya toxic shock syndrome dalam tubuh.

6. Menyebabkan resiko timbulnya polip serviks.

Polip serviks dapat terjadi jika keputihan abnormal tidak segera diobati dengan serius. Dampaknya akan memberikan efek yang sangat membahayakan bahkan bisa menyebabkan keguguran bila bertambah besar.

7. Untreated.

Sebagian wanita terlalu meremehkan keputihan. Padahal jika tidak segera ditangi, infeksi keputihan bisa menyebar dan menyerang anggota organ kewanitaan yang diatas dan menyebabkan penyakit serius. Ketika semakin parah, keputihan juga bisa menyebabkan kemandulan.

8. Menular pada suami.

Bagi yang sudah berpasangan, akibat dari keputihan abnormal yang disebabkan oleh kuman dan bakteri ternyata dapat menular pada pasangan saat berhubungan intim. Sehingga saat sang istri mengalami keputihan abnormal yang cukup parah, maka sang suami juga dapat tertular. Dan akibatnya organ kelamin pada pria akan mengeluarkan cairan serta bisa menyebabkan ejakulasi dini.

Nah, beberapa Akibat Dari Keputihan Yang Terabaikan diatas cukup menyeramkan kan ladies? Jadi, jangan pernah mengabaikan keputihan yang dirasa tidak normal, sekalipun hal tersebut tidak menimbulkan gejala yang berlebih namun pemeriksaan tetap harus dilakukan.

Semoga bermanfaat!

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !