Apakah Keputihan Pada Wanita Hamil Adalah Wajar?

Saturday, July 4th 2015. | penyakit keputihan

Selamat datang kembali pada situs keputihan.web.id, nah pada kesempatan kali saya akan sedikit memberikan ulasan mengenai keputihan yang terjadi pada wanita hamil.

keputihan pada wanita hamil
Seperti yang Anda ketahui bahwa keputihan dapat terjadi pada kaum wanita, termasuk wanita hamil. Keputihan adalah cairan yang berlebihan yang keluar dari organ intim wanita. Dan keputihan terbagi kedalam 2 pengelompokan, yakni keputihan fisiologis (keputihan dalam kategori normal) serta keputihan patologis (keputihan yang tidak normal). Keputihan fisiologis terjadi biasanya setelah menstruasi / pada masa subur. Keputihan yang terjadipun biasanya tidak gatal dan tidak menyebabkan bau berlebih. Berbeda jika keputihan patologis, keputihan ini terjadi karena infeksi yang terjadi pada organ v wanita. Infeksi yang terjadi bisa disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Ciri-ciri dari keputihan patologis / keputihan yang disebabkan oleh infeksi, adalah berwarna seperti susu atau hijau kekunging-kuningan, terkadang bahkan bercampur dengan darah. Keputihan dengan gejala seperti itu sudah termasuk kedalam keputihan penyakit. Keputihan ini menyebabkan gatal pada v, lendir yang lebih berbau sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

Lalu, bagaimana jika keputihan terjadi pada wanita hamil?

Pada saat kehamilan, wanita hamil akan mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan terjadinya keputihan. Aliran darah akan meningkat ke daerah kewanitaan ketika Anda sedang hamil yang mempengaruhi cairan vagina menjadi lebih meningkat. Pada ibu hamil cairan vagina mempunyai manfaat untuk mencegah infeksi dari vagina menuju ke rahim. Akan tetapi, tidak semua cairan vagina memberikan manfaat karena jika telah terkontaminasi dengan bakteri, parasit, atau virus justru akan membuat pengaruh buruk dari terjadinya infeksi vagina .Ibu hamil rentan terhadap infeksi vagina karena kesulitan dalam membersihkan daerah intimnya.

Sama seperti keputihan yang terjadi biasanya, keputihan pada wanita hamil pun memiliki gejala yang sama seperti lendir keputihan berwarna berning, tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal dan nyeri. Namun, yang perlu diwaspadai adalah jika wanita hamil mengalami gejala keputihan seperti:

  • Cairan berwarna putih kekuning-kuningan bahkan sampai kehijauan atau kekuningan.
  • Cairan lebih kental dan lengket.
  • Memiliki jumlah yang banyak.
  • Rasa gatal yang tidak tertahankan.
  • Berbau tidak sedap.
  • Pada sekitar vagina berwarna kemerahan.

Pada masa terakhir kehamilan merupakan kelembapan tertinggi yang menyebabkan jamur candida sp meningkat berpeluang besar menyebabkan infeksi dan keputihan berlebih. Hal ini sangat berbahaya karena jamur candida sp dapat menimbulkan penurunan sistem imun tubuh. Selain jamur, Trichomonas vaginalis merupakan protozoa penyumbang infeksi yang menyebabkan keputihan berwarna kuning kehijauan, berbau tidak sedap, cairan lendir lebih kental dan menimbulkan nyeri saat berhubungan dan saat berkemih.  Adapun bakteri penyebab keputihan saat hamil yaitu bakteriosis vaginalis (BV) dengan ciri-ciri keputihan yang disebabkan bakteri ini adalah cairan berwarna putih keabu-abuan, berbau tidak sedap, dan pada dasarnya mengalami nyeri pada daerah kewanitaan. Virus juga dapat membuat anda mengalami keputihan , pada ibu hamil human papiloma virus (HPV) yang menyebabkan timbulnya kutil pada sekitar daerah kemaluan.

Jadi, Apakah Keputihan Pada Wanita Hamil Adalah Wajar? Wajar jika keputihan tersebut tidak memiliki gejala abnormal seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga apa yang ditulis pada artikel ini, dapat bermanfaat untuk Anda. Nah, ingat, kunci utama agar tidak terjadi keputihan dan meminimalkan keputihan adalah dengan menjaga kebersihan organ kewanitaan. Cintai tubuh sendiri dan lakukan kebiasaan yang sehat sekarang juga.

Terima kasih atas kunjungannya, nantikan artikel selanjutnya yang pastinya akan lebih menarik. Salam!

tags: , , , ,
Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !