Bahaya Rahim Kering Penyebab Lainnya Dari Sulit Hamil

Monday, July 18th 2016. | fakta penyakit

Bahaya Rahim Kering Penyebab Lainnya Dari Sulit Hamil,- Kesulitan untuk hamil bisa terjadi pada wanita manapun didunia ini. Beragam alasan dapat menjadi faktor penyebab ketidaksuburan seorang wanita, termasuk kondisi rahim kering. Seperti apakah sebenarnya kondisi rahim kering tersebut dan apa penyebabnya?

Bahaya Rahim Kering Penyebab Lainnya Dari Sulit Hamil
Penjelasan tersebut secara detail telah dijelaskan oleh Dr. Julianto Witjaksono, yang merupakan dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta. Menurut Dr. Julianto, tidak ada istilah rahim kering dalam dunia kedokteran. Rahim kering kemungkinan hanya dijadikan sebagai kiasan untuk menggambarkan kondisi rahim yang tidak subur atau mengalami infertilitas. Bila Anda tidak kunjung hamil setelah sekian lama menikah, sebaiknya Anda segera memeriksakan kesehatan reproduksi Anda ke dokter.

Penyebab dari gangguan rahim dalam dunia kedokteran terbagi kedalam beberapa faktor, diantaranya :

1. Ketidakseimbangan hormon.

Ketidakseimbangan hormon sering menjadi alasan ketidaksuburan yang terjadi pada wanita. Hormon memang dikenal dapat memengaruhi kesuburan seorang wanita, jenis hormon tersebut diantaranya adalah hormon gonadotropin hipofisis (FSH, LH dan prolaktin) dan hormon steroid ovarium (estrogen, progesteron dan testosteron). Hormon-hormon tersebut dapat memengaruhi produksi sel telur. Wanita harus memiliki hormon estradiol dan progesteron dalam jumlah cukup, agar usahanya untuk memiliki buah hati bisa segera berhasil.

2. Infeksi pada leher rahim.

Infeksi pada leher rahim (serviks) dapat mengganggu jalannya sperma menuju indung telur. Kontaminasi infeksi pada sel sperma menyebabkan penurunan kemampuan pembuahan sel telur oleh sel sperma. Infeksi leher rahim biasanya menimbulkan keputihan yang berwarna hijau, kuning, atau putih kental, keruh dan berbau.

3. Gangguan otot rahim (Miometrium).

Mioma merupakan kelainan otot rahim yang merupakan penyebab infertilitas. Biasanya hal ini ditandai dengan keluarnya darah haid dalam jumlah banyak dan bergumpal-gumpal. Kelainan lain pada miometrium adalah Adenomiosis, merupakan sebuah kondisi sengan ditemukannya sisipan selaput lendir rahim (Miometrium) di antara otot rahim, dan menimbulkan perdarahan dan kekakuan otot rahim setiap terjadi haid yang bisa menimbulkan rasa sakit haid yang sangat hebat. Dua gangguan ini merupakan lima hingga 10% penyebab infertilitas.

4. Gangguan Endometrium.

Endometrium atau selaput dinding rahim merupakan tempat embrio melekat. Apabila sel telur sudah dibuahi oleh sperma maka akan menghasilkan embrio yang melekat di endometrium ini. Apabila kondisi endometrium ini tidak baik, maka embrio tidak dapat melekat dan tumbuh kembang dengan baik. Gangguan endometrium biasanya akan membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan sekaligus menjadi penyebab utama kegagalan berbagai program kehamilan seperti induksi ovulasi, inseminasi dan program bayi tabung. Kelebihan hormon estrogen akan menyebabkan endometrium menebal dan sewaktu haid menyebabkan keluarnya darah haid sangat banyak dan bergumpal-gumpal.

5. Gangguan pada tuba falopi.

Tuba falopi merupakan saluran penghubung antara ovarium dengan rahim. Tuba falopi menjadi saluran tempat bertemunya sel telur dengan sperma. Bila terdapat gangguan, maka proses pertemuan sperma dan sel telur tidak dapat berjalan dengan lancar. Gangguan pada tuba falopi biasanya berupa peradangan atau infeksi sehingga menyebabkan terjadinya penyempitan, pengerasan atau penyumbatan saluran tuba falopi.

6. Gangguan ovarium.

Ovarium atau indung telur yang tidak dalam kondisi baik tidak dapat menghasilkan sel telur yang baik juga. Sel telur normal pada hari subur berdiameter 18-28 mm. Pada pemeriksaan USG kelainan ovarium dapat berbentuk banyak folikel kecil yang tidak dapat berkembang, dan dikenal sebagai PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome), atau kista berukuran besar (>3cm) seperti kista endometriosis (berisi darah haid), dan kista teratoma (berisi rambut, tulang, gigi dan kelenjar). Jadi kesehatan ovarium tentu sangat memengaruhi kesuburan Anda. Gangguan pada ovarium sering membuat menstruasi menjadi abnormal.

7. Gangguan Peritoneum.

Peritoneum atau lapisan pembungkus perut bagian dalam dapat memberikan kontribusi terjadinya kesulitan kehamilan. Gangguan ini bisa berupa sebaran bercak endometriosis, terutama pada peritoneum sekitar rongga panggul. Gangguan-gangguan ini sangat mungkin menjadi penyebab kesulitan hamil. Gejala yang sering timbul pada gangguan peritoneum bisa berupa rasa nyeri saat berhubungan intim.

Baca juga : Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Mengatasi Keputihan

Bahaya Rahim Kering Penyebab Lainnya Dari Sulit Hamil |

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !