Benarkah Timun Dapat Menyebabkan Keputihan?

Saturday, May 13th 2017. | fakta keputihan

Tidak asing lagi di kalangan wanita tentang timun atau mentimun yang katanya dapat membuat miss V becek akibat keputihan. Benarkah demikian?

Benarkah Timun Dapat Menyebabkan Keputihan?

Keputihan pada dasarnya merupakan proses alami yang normal. Cairan vagina berfungsi sebagai pembersih alami dan pelindung organ intim wanita. Bertambahnya volumecairan Vagina secara normal juga terjadi saat wanita hamil, saat dalam masa subur dan akibat rangsangan seksual.

Cairan vagina yang normal ini tidak menimbulkan bau, tidak memiliki warna (kadang  sedikit putih dan normalnya bening). Namun pada keputihan, cairan vagina ini justru memiliki karakteristik warna yang pekat, seperti kekuningan, kehijauan, keabuan dan berbau asam dan busuk. Selain itu terdapat sensasi gatal dan cairan mengental (seperti ingus). Selain itu, saat berhubungan biasanya akan merasak sakit, dan terdapat bercak darah.

Keputihan adalah cairan vagina abnormal bisa terjadi karena berbagai sebab. Namun, sampai saat ini tidak pernah ada studi yang menghubungkan antara makan timun dengan penyebab keputihan. Karena itu, makan timun membuat keputihan hanyalah mitos.

Cairan vagina abnormal (Keputihan) muncul bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau gejala menopause, yang relatif tidak berbahaya. Hanya saja, gejala tersebut bisa menimbulkan rasa kurang nyaman bagi para wanita. Dalam kasus yang jarang, cairan vagina abnormal yang disertai sedikit darah atau flek kecokelatan, patut diwaspadai sebagai gejala dari penyakit kanker serviks.

Baca juga :

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !