Cara Mengatasi Gatal Vagina Saat Hamil Secara Alami

Tuesday, September 26th 2017. | keputihan pada ibu hamil

Saat vagina gatal terjadi dalam kehamilan, pasti membuat ibu tidak akan nyaman dan khawatir terkait kondisi kesehatannya. Daripada hanya mencemaskan dan tidak melakukan tindakan apapun, sebaiknya ibu hamil mengatasinya dengan beberapa cara dibawah ini.

Cara Mengatasi Gatal Vagina Saat Hamil Secara Alami

— Lap atau handuk dingin.

Untuk mengurangi keputihan gatal saat hamil muda, gunakan handuk dingin lalu seka di area vagina. Basahi handuk dengan air bersuhu dingin dan hindari membasuh area vagina dengan air panas agar suhu tubuh tetap dingin. Jika Anda menyeka area kewanitaan dengan air panas, hal itu dapat mengganggu jaringan kulit sensitif di area vagina.

— Gunakan pakaian dalam yang nyaman.

Ada baiknya saat hamil Anda beralih ke pakaian yang sesuai dengan masa kehamilan Anda, khususnya pakaian dalam. Pakaian dalam dengan bahan yang kurang nyaman di kulit bisa menyebabkan rasa gatal. Sesuaikan ukuran pakaian dalam dengan lingkar panggul dan pastikan ukuran yang Anda pilih tidak terlalu ketat.

— Gunakan produk dengan bahan yang ringan untuk keseharian Anda.

Ibu hamil juga dianjurkan untuk mengurangi penggunaan produk dengan parfum atau yang mengandung bahan kimia. Saatnya Anda memilih produk dengan bahan dasar yang ringan. Pilihlah sampo, sabun dan deterjen cucian dengan komposisi alami. Rasa gatal di area vagina dapat dipengaruhi oleh bahan kimia dalam pelembut kain atau sabun yang Anda gunakan. Jadi, bijaklah dalam memilih produk yang aman untuk Anda dan bayi Anda.

— Selalu sedia tisu basah.

Untuk meredakan gatal dan menyegarkan area vagina, selalu siapkan tisu basah pribadi setelah buang air kecil atau buang air besar. Pilihlah wipes atau tisu basah yang mengandung ekstra witch hazel yang aman bagi kulit dan dapat menyegarkan kulit dengan cepat.

— Tidak malas berganti pakaian dalam.

Keputihan gatal saat hamil muda bisa datang dari area kewanitaan yang kurang bersih. Untuk itu, selalu dianjurkan untuk mengganti pakaian dalam beberapa kali sehari untuk menghindari kuman atau bakteri di area vagina. Jika ibu merasa area vagina lembab dan sedikit basah, cepat ganti pakaian dalam Anda.

— Menggunakan krim anti gatal yang tidak mengandung kimia.

Jika rasa gatal yang dirasakan cukup mengganggu, ibu bisa menggunakan krim anti gatal yang tidak memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya. Selain itu, hindari menggunakan krim yang mengandung hidrokortison karena dapat membuat masalah menjadi lebih buruk dan bahan tersebut tidak baik untuk kulit Anda jika digunakan terlalu sering.

Baca juga : Mengatasi Gatal Pada Organ Kewanitaan

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !