Hindari Berhubungan Seksual Saat Sedang Keputihan

Wednesday, February 1st 2017. | fakta keputihan

Keputihan wanita, merupakan kondisi dimana terjadi kombinasi antara cairan dan sel yang terus diproduksi oleh vagina. Keputihan, fungsinya adalah sebagai pembersih, dan pelindung untuk vagina. Namun, keputihan ini dapat berubah menjadi kepuihan abnormal kala cairan tersebut bercampir dengan bakteri dan jamur. Jika sudah begini sebaiknya untuk para istri, hindari terlebih dahulu untuk berhubungan dengan suami.

Hindari Berhubungan Seksual Saat Sedang Keputihan

Cairan keputihan yang keluar dengan tidak menimbulkan gatal, bau, masih bisa dikategorikan sebagai keputihan yang normal. Penyebab keputihan menjadi abnormal tidak lain adalah infeksi dari bakteri dan jamur, bakteri vaginosis, mengalami gejala menipause yang tidak membahayakan namun tetap menimbulkan rasa tidak nyaman. Keputihan yang abnormal juga bisa menjadi gejala dari penyakit infeksi menular seksual. Dalam kasus yang sangat jarang, keluarnya cairan vagina yang berwarna kecokelatan atau kebiruan, bisa menjadi pertanda dari penyakit kanker serviks.

Dilansir dari laman situs Mayo Clinic mengungkap jika vaginosis bakteri, kanker serviks, polip serviks, chlamydia, kutil kelamin, kencing nanah, infeksi HPV, penyakit radang panggul, kehamilan, rectovaginal fistula (pembukaan abnormal antara rektum dan vagina yang memungkinkan kotoran bocor ke dalam vagina), penyakit kelamin, atrofi vagina (penipisan dinding vagina), kanker vagina, dan vaginitis.

Kapan harus mulai memeriksakan diri ke dokter?

Untuk Anda, baiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan jika mengalami keputihan abnormal dengan gejala-gejala yang tidak biasa seperti lendir keputihan yang menjadi kehijauan, kekuningan, dan kental, bau vagina yang kuat, kemerahan, merasakan gatal dan rasa terbakar, iritasi vagina atau daerah kulit yang mengelilingi vagina dan uretra (vulva) serta adanya perdarahan atau bercak yang tidak berhubungan dengan masa menstruasi.

Jadi untuk para suami, ketika istri Anda mengalami keputihan (Fluor Albus) seperti tanda-tanda tersebut hendaknya hubungan intim ditunda dulu. Dijelaskan oleh dokter akibat dari penetrasi dan gerakan penis ke dalam vagina dapat membuat iritasi dan inflamasi atau peradangan. Dampaknya, keputihan semakin meluas hingga membahayakan organ-organ reproduksi di sekitar rahim.

Hindari Berhubungan Seksual Saat Sedang Keputihan |

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !