Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Friday, January 9th 2015. | Artikel kesehatan, fakta penyakit

Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita,- Infeksi saluran kemih, atau ISK adalah infeksi yang disebabkan oleh kuman yang menyebar melalui saluran kencing, ginjal dan bahkan seluruh tubuh. ISK sendiri adalah gangguan yang terjadi karena adanya sumbatan, sumbatan ini berasal dari batu yang berbentuk kristal yang akan menghambat keluarnya air seni melalui saluran kemih, sehingga ketika buang air akan merasakan sulit dan terasa sakit. Dan jika air seni yang keluar diserai dengan darah, itu artinya saluran kemih sudah terinfeksi. Jenis batu yang mengendap dalam ginjal dan saluran kemih biasanya beragam, di antaranya yaitu batu kalsium oksalat, dan batu kalsium karbonat yang mengandung kapur, batu asam urat dan systin yang tidak mengandung kapur, namun pada umumnya terdiri atas campuran berbagai jenis komponen tersebut. Batu ginjal bervariasi ukurannya dan dapat bersifat tunggal ataupun ganda.

ISKApa penyebab dari ISK?

Penyebab ISK sama halnya dengan keputihan, yakni sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga bakteri / kuman alat kelain, dubur, atau bahkan dari pasangan (akibat hubungan intim) masuk kedalam saluran kemih. Bakteri tersebut kemudian berkembang biak sampai ke kandung kemih dan bahkan sampai ke organ ginjal. Infeksi saluran kemih terjadi disebabkan oleh perempuan tersebut yang kurang menjaga kebersihan oorgan intimnya sehingga menjadi tempat berkembang biak yang sangat baik bagi kuman dan bakteri. Dan salah satu penyebab umum yang seringkali diabaikan adalah penggunaan toilet umum secara sembarangan. Bakteri dan kuman yang mengakibatkan ISK diantaranya adalah Escherichia coli atau E. coli, Klebsiella, dan Pseudomonas. Di antara ketiganya, penyebab paling utama adalah E. coli yang ada di mana-mana, termasuk tinja manusia. Kebanyakan infeksi pada saluran kemih/kencing atau perkemihan disebabkan oleh bakteri. Bagian saluran perkemihan atau urinarius anda yang dapat terinfeksi antara lain: ginjal, ureter, kandung kemih/kencing/bladder dan uretra. Bagian yang paling sering terinfeksi yaitu pada kandung kemih dan uretra.  Penyebab timbulnya batu tersebut disebabkan oleh berbagai hal, seperti terlalu lama menahan buang air kecil sehingga air seni menjadi pekat, serta kurang banyak meminum air putih. Bahkan, terlalu banyak mengkonsumsi soda, kopi manis, teh kental, vitamin C dosis tinggi dan susu, juga dikategorikan sebagai pemicu terjadinya batu ginjal. Faktor lainnya yang turut memicu terbentuknya batu di dalam ginjal dan saluran kemih bila banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam urat seperti emping melinjo, jeroan, bayam, maka air kemihnya akan lebih banyak mengandung asam urat sehingga risiko terbentuknya batu asam urat didalam ginjal dan saluran kemih pun meningkat.

Adakah cara yang aman untuk mencegah ISK?

Tentu saja ada, Anda busa melakukan hal-hal seperti berikut:

    • Biasakanlah untuk selalu membersihkan alat kelamin setiap buang air kecil dengan benar, menggunakan air bersih lalu keringkan.
    • Cara cebok yang benar seperti dari arah depan lalu setelah bersih bagian belakang area yang mendekati dubur kebelakang
    • Hindari penggunaan antiseptik secara rutin seperti pencuci vagina karena bisa merusak PH vagina dan pada akhirnya kuman baik yang bertugas memberantasi infeksi pada saluran kemih ikut mati.
    • Jika melakukan perjalanan dan bepergian jauh jangan cebok dengan air yang tertampung pada bak mandi umum. Gunakanlah tisu atau mengambil air langsung dari kran yang mengalin, jika tidak ada, sebaiknya gunakan air mineral saja demi keamanan.
    • Jika tengah dalam masa haid / menstruasi sering-seringlah mengganti pembalu, karena darah yang telalu lama tertampung akan menjadi tempat kuman yang baik dalam berkembang biak.
    • Sering-seringlah mengganti celana dalam, minimal setiap kali ,amdi dan bisa sudah terasa lembab langsung ganti. Gunakan celana dalam yang berbahan katun dan tidak menimbulkan alergi pada kulit.
    • Tidak menahan keinginan untuk buang air kecil dan
    • Selalu minum air putih minimal 8 sampai 10 gelas perhari.

Semoga dengan diterbitkannya artikel ini, dapat menambah wawasan untuk Anda dan Anda sebagai wanita yang mencintai kesehatan dan kebersihan selalu jaga poila hidup sehat semi kesehatan dan fungsi reproduksi. Jadilah perempuan cerdas dan selalu peduli dengan kebersihan diri. Salam sehat !

reposted by : keputihan.web.id

tags: , ,
Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !