Jenis Parasit Yang Menyebabkan Keputihan

Friday, May 27th 2016. | fakta penyakit

Dalam penelitian para ahli salah satunya adalah Donner, pada sekitar 1836 dalam sekresi purulen dari vagina serta sekresi traktur dari urogenital pria. Di tahun berikutnya, yaitu pada 1837, protozoa tersebut kemudian di beri nama Trichomonas Vaginalis. Trichomonas Vaginalis merupakan salah satu parasit yang bersifat cosmopolitan yang bisa ditemukan pada wanita bahkan pria sekalipun. Nama lainnya kondisi ini juga dinamakan Leukorrhoe atau Flour Albus.

Jenis Parasit Yang Menyebabkan Keputihan
Bentuk morfologi Trichomonas Vaginalis, diantaranya :

  • Memiliki ukuran antara 15-20 mikron x 10 mikron.
  • Berbentuk cuboid dan tidak berwarna.
  • Jenis Sitoplasmayang bergranula, dimana granula pada umumnya terletak di sekitar custa dan axostyle.
  • Tidak memiliki flagela bebas dikarenakan membran yang bergelompang hanya sampai di pertengahan tubuh.
  • Tidak memiliki Sitostoma.
  • Parasit Trichomonas Vaginalis hanya bisa bertahan hidup pada pH > 5,5 – 7,5.

Secara umum parasit bisa ditemukan di dalam tubuh karena telah tertular melalui suatu ‘hubungan’, namun tidak hanya itu. Parasit juga bisa ditemukan pada anak yang abru lahir, wanita remaja yang mungkin telah terinfeksi dari handuk atau pakaiannya.

Sayangnya keputihan yang diakibatkan oleh parasit tersebut tidak cukup menunjukkan gejalanya, bahkan terkesan transparan hingga keberadaannya tidak pernah diketahui kecuali dengan melakukan pemeriksaan khusus. Namun seperti keputihan lainnya, jika sudah terlalu lama, gejala yang muncul adalah keluarnya cairan keputihan kental yang mengancung Trichomonas, menyebabkan peradangan (inflamasi) juga gatal-gatal.

Baca juga : Mengatasi Gatal Pada Organ Kewanitaan

Nah itu dia, penjelasan mengenai parasit Trichomonas Vaginalis yang menjadi salah satu penyebab dari keputihan wanita. Semoga bermanfaat!

Jenis Parasit Yang Menyebabkan Keputihan |

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !