Kandidiasis Vaginalis Infeksi Jamur Pada Vagina

Thursday, April 9th 2015. | fakta penyakit

Kandidiasis Vaginalis Infeksi Jamur Pada Vagina,- Satu lagi infeksi yang dapat menyerang vagina, organ penting wanita. Kandidiasis Vaginalis adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur, yang terjadi disekitar vagina. Infeksi ini terjadi pada orang-orang dengan sistem imun yang lemah dengan tingkat keparahannya yang berbeda-beda.

Kandidiasis Vaginalis

Kandidiasis adalah salah satu penyakit akibat jamur yang bersifat akut atau subakut yang penyebabnya adalah jamur species Candida. Biasanya species ini selain mengenai vagina, juga bisa terjadi pada organ mulut, kulit, kuku, bronki / paru bahkan terkadang bisa menyebabkan septikemia, endokarditis, atau meningitis.

Kandidiasis yang menyerang pada kuku akan menimbulkan sedikit rasa gatal dan nyeri jika ada infeksi sekunder. Kuku kemudian akan berwarna hitam kecoklatan, menebal, dan tidak bercahaya, biasanya menyerang mulai dari pangkal kuku. Disekitar pangkal kuku terdapat gelembung-gelembung berisi cairan dan kulit menjadi bersisik. Kandidiasis yang menyerang daerah mulut ditandai dengan adanya bercak-bercak putih, seperti membran pada mukosa mulut dan lidah. Sedangkan jika kandidiasis yang menyerang vagina, akan menimbulkan gejala-gejala seperti bercak-bercak putih diatas mukosa, mulai dari leher rahim sampai vagina. Selain itu, adanya cairan putih kekuningan yang disertai dengan semacam butiran tepung, kadang-kadang seperti susu pecah. Keluhan biasanya berupa rasa gatal-gatal.

Bagaimana Cara Pengobatannya?

Pengobatannya dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan berdasarkan pada bagian-bagian tubuh yang terkena penyakit ini.Pengobatan kandidiasis kulit dan kandidiasis mulut ( selaput lendir ) yang lokal dapat dibuat dengan memberikan obat antijamur topikal.

Khusus untuk pengobatan kandidiasis vagina memang mempunyai banyak sekali bentuk pengobatan yang efektif. Obat yang biasanya dipakai untuk terapi kandidiasis vagina adalah preparat khsusus intravaginal yang mengandung imidazol selama 1-5 hari.Terapi oral juga 1-5 hari, ketokonazol 400 mg selama 5 hari, intrakonazol 2 kali 200 mg sehari dan flukonazol 150 mg sekali. Efektivitas pengobatan dengan obat-obat tersebut diatas 80%.

Cara Mencegah Kandidiasis Vaginalis Adalah?

Seperti pencegahan penyakit lainnya, Kandidiasis Vaginalis dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan. Penyakit kandidiasis juga dapat disebabkan oleh pemakaian antibiotik. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hatilah saat memakai antibiotik. Hindari obesitas dan hindari bekerja pada tempat-tempat lembab atau banyak air.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai penyakit Kandidiasis Vaginalis Infeksi Jamur Pada Vagina yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat, dan jika Anda menemukan gejala-gejala penyakit seperti yang disebutkan diatas, segera konsultasikan dengan dokter Anda dan segera mungkin melakukan pengobatan sebelum semuanya menjadi lebih buruk.

tags: , , , , ,
Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !