Keputihan Berwarna Coklat Semasa Hamil

Wednesday, February 22nd 2017. | keputihan pada ibu hamil

Keputihan yang terjadi pada wanita adalah kondisi kesehatan yang umum, dan normal jika keputihan tidak disertai dengan kemunculan gatal, berbau menyengat dan lendir keputihan yang tidak bening seperti biasanya.

Contoh keputihan tidak normal dapat dikenali dari salah satunya yaitu warna. Warna keputihan normal adalah bening dan sedikit putih. Jika keputihan justru memiliki lendir berwarna coklat / kecoklatan, kehijauan, dan kemerahan (mengandung darah) bisa jadi keputihan tersebut terjadi akibat masalah kesehatan lainnya, dan sudah jelas jika keputihan ini adalah keputihan tidak normal.

Keputihan Berwarna Coklat Semasa Hamil

Sayangnya keputihan juga tidak hanya terjadi pada wanita dalam kondisi biasa, tapi juga terjadi pada wanita hamil. Terlebih biasanya wanita hamil mengeluhkan kondisi keputihan mereka yang disertai dengan lendir kecoklatan. Apakah keputihan berwarna coklat semasa hamil adalah keputihan normal atau sebaliknya? Berikut adalah penjelasannya.

Penyebab keputihan coklat pada wanita hamil :

  • Akibat iritasi di sekita vagina dan leher rahim. Dalam fase awal kehamilan, terjadi penigkatan mendadak dalam konsentrasi hormon serta aliran darah yang membuat kulit leher rahim menjadi lebih sensitif.
  • Infeksi serviks.
  • Pertumbuhan fibroid pada lapisan rahim.
  • Pertumbuhan polip serviks tidak berbahaya pada serviks yang disertai dengan perdarahan.
  • Akibat implantasi pendarahan; wanita hamil yang mengalami pendarahan vagina ringan pada minggu pertama kehamilan mereka (yang juga disebut sebagai pendarahan implantasi ,terjadi karena telur yang dibuahi sedang ditanamkan dalam lapisan rahim). Keputihan ini dianggap normal tetapi dalam beberapa kasus bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lainnya.

Keputihan dengan warna coklat termasuk keputihan yang abnormal. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan untuk mengetahui bagaimana kondisi keputihan yang Anda alami, dengan demikian Anda mengetahui penyakit pada organ intim Anda lebih dini.

Semoga bermanfaat, salam.

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !