Keputihan Bisa Jadi Pemicu Ketuban Pecah Lebih Awal

Tuesday, February 9th 2016. | fakta keputihan

Yang perlu diketahui oleh ibu hamil, ketika Anda mengalami keputihan sebaiknya atasi keputihan secepatnya karena bukan tidak mungkin keputihan yang terjadi bisa menyebabkan dampak buruk entah pada janin atau ibu hamil.

Keputihan Bisa Jadi Pemicu Ketubah Pecah Lebih Awal (2)

Seperti berdasarkan penurutan dari Marihot Pasaribu SpOG, keputihan yang terjadi pada wanita hamil yang tidak ditangani dengan baik dapat jadi pemicu pecahnya ketuban sebelum waktunya. Selain itu, ternyata keputihan juga dapat mempengaruhi kelahiran bayi prematur, atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Dalam keadaan seperti ini keputihan sudah pada tahap berbahaya karena bukan lagi keputihan normal, tetapi sudah terkena bakteri dan masalah lainnya. “Jika terjadi masalah dan keluhan ketika mengalami keputihan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ibu hamil diharuskan menjaga kebersihan diri, entah dari lingkungan atau mulailah dengan kebiasaan baik dalam merawat tubuh. Salah satu hal kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah keputihan pada ibu hamil adalah dengan mengganti celana dalam. Bawalah celana dalam ganti, atau setidaknya biarkan area kewanitaan ibu hamil tetap kering. Hindari penggunaan pembersih yang berlebihan karena juga dapat membunuh spora baik yang ada pada daerah kewanitaan. Pastikan pakaian dalam yang dipakai longgar agar tidak mengubah iklim yang ada pada organ kewanitaan ibu hamil.

Karena keputihan juga cenderung dialami oleh perempuan dengan berat badan berlebihan atau kegemukan, sebaiknya ibu hamil juga dapat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stress, apabila stres dapat menyebabkan perempuan cepat lemah dan akan menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kebutuhan metabolisme, sehingga rentan terkena infeksi. Termasuk juga infeksi yang disebabkan oleh keputihan.

Baca juga : Penyebab Wanita Mengalami Sering Buang Air Kecil

Keputihan Bisa Jadi Pemicu Ketubah Pecah Lebih Awal |

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !