Keputihan Ibu Hamil Berisiko Memicu Masalah Saat Melahirkan

By | April 11, 2018

Keputihan memang merupakan sebuah kondisi yang biasa terjadi pada wanita, termasuk wanita hamil. Keputihan sejatinya merupakan kondisi normal, namun jika keputihan yang muncul mulai dirasa tidak beres atau tidak seperti baisanya, hal ini wajib untuk diwaspadai. Selain itu, jika keputihan ini dialami oleh ibu hamil, dapat berdampak pada beberapa masalah kesehatan hingga masalah saat melahirkan nanti.

Normalnya segara garis besar, keputihan adalah kondisi yang normal-normal saja terjadi. Cairan yang dibuat oleh kelenjar di dalam vagina dan serviks ini akan membawa pergi sel-sel mati dan bakteri merugikan dari dalam vagina. Jadi, dengan kata lain keputihan termasuk kondisi yang justru akan membantu membersihkan organ genital kewanitaan Anda dan mencegah terjadinya infeksi.

Keputihan Ibu Hamil Berisiko Memicu Masalah Saat Melahirkan

Akan tetapi,. seringkali masalah keputihan yang terjadi pada ibu hamil bisa serius dan harus segera mendapat penanganan. Mengapa? Karena dalam beberapa kasus akibat keputihan yang terjadi pada wanita hamil, keputihan tidak normal dapat menyebabkan gangguan kesehatan juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Keputihan yang tidak normal pada wanita hamil juga dapat menyebabkan kontraksi rahim, membuat bayi terlahir secara prematur dan pecah ketuban sebelum waktunya.

Penyebab keputihan tidak normal yang terjadi biasanya karena wanita tersebut tidak menjaga kebersihan organ intimnya dengan baik. Vagina yang lembab akibat cara membasuh yang salah (dari belakang ke bagian depan) serta faktor air yang kurang bersih menyebabkan jamur dan kuman merugikan laginnya berkembang baik dalam organ kewanitaan dan menyebabkan kemunculan keputihan tidak normal. Ciri dari keputihan tidak normal ditandai dari cairan yang keluar tidak seperti biasanya, memiliki cairan lebih kental dengan warna kekuningan, kehijauan atu abu-abu serta memiliki aroma yang tidak sedap, menyebabkan gatal yang luar biasa dan iritasi.

Penting bagi para ibu hamil untuk memperhatikan kebersihan organ intim agar tetap kering dengan kelembaban yang pas. Seringlah ganti celana dalam jika terasa lebih lembab dan pastikan untuk membasuh organ intim dengan benar baik setelah buang air kecil maupun besar.

Selain itu, jika kondisi terlihat lebih berbahaya segera lakukan pemeriksaan ke dokter setempat. Anda mungkin akan diberi beberap resep obat keputihan wanita hamil yang diresepkan dokter, atau antibiotik lainnya. Pastikan untuk tidak mendiamkan apapun yang menjadi gangguan masalah kesehatan ketika hamil.