Keputihan Mirip Gumpalan Keju, Berbahayakah?

Tuesday, August 22nd 2017. | Jenis Keputihan

Keputihan pada wanita sebenarnya termasuk kondisi yang normal-normal saja. Namun, perlu diketahui jika keputihan juga dapat mengalami perbedaan (akibat masalah kesehatan, dll) pada lendir / cairan keputihan.

Seperti dilansir lama klikdokter, terdapat beberapa jenis keputihan yang digolongkan sebagai jenis keputihan tidak normal dan membuat pusing tujuh keliling. Salah satunya keputihan menggumpal seperti keju. Pada dasarnya, Keputihan merupakan cairan yang keluar dari Vagina. Kondisi ini dibagi kedalam 2 jenis, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

Keputihan Mirip Gumpalan Keju, Berbahayakah?

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang terjadi akibat perubahan hormonal, seperti menstruasi, stres, kehamilan atau pemakaian kontrasepsi. Dalam kondisi ini, lendir / cairan Vagina yang keluar berwarna bening, tidak berbau, juga tidak menimbulkan keluhan gatal atau yang lainnya. Sedangkan pada jenis Keputihan patologis terjadi akibat ainfeksi parasit, jamur, atau bakteri. Dalam kondisi ini, lendir / cairan yang Vagina mengalami perubahan warna, bau, menyebabkan gatal, menimbulkan rasa panas, gatal yang menganggu dan masih banyak lagi.

Dalam kasus Keputihan menggumpal seperti keju termasuk ke dalam keputihan patologis. Hal ini dikarenakan penyebabnya tidak lain adalah infeksi jamur. Keputihan menggumpal seperti keju pada umumnya juga disertai rasa gatal, panas, bahkan nyeri setelah berkemih atau saat berhubungan seksual. Salah satu kondisi yang menyebabkan keputihan menggumpal seperti keju ternyata cukup sepele, yaitu penggunaan celana yang terlalu ketat. Dengan kebiasan ini, dapat membuat membuat Vagina mudah lembap, sehingga jamur tumbuh dengan subur.

Saat keputihan menggumpal seperti keju terjadi pada Anda, sebaiknya hindari dulu aktivitas berhubungan seksual, guna mencegah penyebaran jamur atau infeksi yang diakibatkannya. Selain itu, penerapan gaya hidup sehat juga harus dilakukan, seperti mencuci Vagina dengan air bersih hingga kering, mengganti pembalut ataupun tampon setidaknya 4-5 kali sehari, lalu hindari penggunaan celana ketat. Selain itu, imbangi dengan tidur dan beristirahat yang cukup, juga penuhi asupan makanan bergizi seimbang.

Posted by Obat Keputihan Wanita Hamil.

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !