Keputihan Pada Bayi Dan Balita

Tuesday, October 7th 2014. | keputihan pada bayi dan balita, penyakit keputihan

Selamat datang kembali pada situs keputihan.web.id, sebelumnya setelah membahas mengenai keputihan yang terjadi pada ibu hamil, ternyata keputihan juga bisa menyerang bayi dan balita, apakah benar? Ini terjadi tentu bukan karena tanpa sebab.

Keputihan Pada Bayi Dan Balita

Para orang tua memang sehartusnya mmeberikan perhatian khusus dalam menjaga kesehatan buah hatinya. Masalah keputihan dapat dicegah sejak dini jika pada orang tua mengetahui gejala awal dari keputihan tersebut. Jika keadaan ini hanya dibiarkan berlaru-larut dan tidak kunjung mendapatkan penanganan serius, maka akan timbul masalah lain seperti infeksi pada kelenjar yang ada di alat kelamin ataupun alat reproduksi lainnya.

Gejala keputihan yang dapat dikenali pada bayi dan balita biasanya

  • Anak akan sering buang air kecil secara berlebihan
  • Terlihat banyaknya cairan disekitar kelamin

Menurut salah satu situs yang saya kunjungi, keputihan pada balita disebabkan oleh kelainan pada lubang kemaluan. Misalnya, faktor endogen (sawar kulit) atau permukaan kulit sebagai pintu masuk mikroorganisme karena masih sangat tipis dan rentan serta mudah mengalami peradangan. Faktor penyebab lainnya bisa karena bibir luar kemaluan balita belum berkembang, lemaknya masih tipis, dan menyebabkan lubang kencing maupun lubang kemaluan (vestibulum) belum terlindungi maksimal. Ini juga memudahkan terjadinya peradangan. Kemaluan belum ditumbuhi rambut, yang pada orang dewasa berfungsi sebagai pelindung. Letak lubang kemaluan pada bayi dan anak juga masih sangat dekat dengan anus, sehingga mudah terkontaminasi oleh bakteri dari anus maupun iritasi akibat feses (kotoran).

Balita yang berusia dua bulan, kadar hormon estrogen yang terbawa dari ibu masih tinggi. Keadaan ini mempengaruhi jumlah cairan pada vaginanya. Pada anak prapubertas, peningkatan kadar hormon estrogen terjadi lagi sehingga memengaruhi peningkatan produksi cairan yang melapisi dinding vagina. Jika dilihat dari faktor luar atau eksogen, keputihan pada balita dibedakan menjadi dua, yakni yang disebabkan oleh infeksi dan noninfeksi. Untuk infeksi, bisa disebabkan oleh bakteri (Haemophilus influenzae, Shigella eischeria coli, Chlamydia trachomatis, dan sebagainya), jamur (candida), parasit (Trichomonas vaginalis, Oxyuris enterobius vermicularis), dan cacing kremi. Sedangkan faktor noninfeksi, bisa disebabkan masuknya benda asing ke vagina baik sengaja maupun tidak. Pada bayi dan balita, hal ini biasanya terjadi apabila kapas atau tisu yang dipakai untuk membersihkan kotoran ada yang tertinggal. Akibatnya terjadi peradangan pada vulva (lubang luar vagina) atau pada liang vagina yang kemudian menimbulkan keputihan.

Faktor lainnya yang perlu diperhatikan adalah soal kebersihan. Kemudian daerah sekitar kemaluan yang lembab. Misalnya, setelah buang air kecil, daerah kemaluan anak tidak dikeringkan secara saksama sehingga celana dalamnya basah dan menimbulkan kelembapan di sekitarnya. Ditambah sisa air seni yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal, sehingga nantinya muncul reaksi keputihan.

Kesalahan lain yang banyak dilakukan orangtua yang menimbulkan keputihan adalah menaburkan bedak terlalu banyak pada daerah kelamin bayi dan balita usai mandi atau berganti popok. Sebab, serbuk bedak itu merupakan benda asing yang dapat menimbulkan keputihan.

Jika ingin membedaki lipatan kulit di sekitar paha, sebaiknya tutupi alat kelamin bayi dan balita Anda dengan tangan agar tidak ada serbuk bedak yang masuk. Jika bayi buang air besar, kata dr Hanny, jangan hanya dibersihan dengan menggunakan tisu atau kapas basah. Biasakanlah menggunakan air bersih yang mengalir dengan menggunakan sabun bayi. Setelah itu, keringkan dengan handuk, beri bedak di sekitar lipatan paha agar bayi nyaman dan bersih.

Dengan memahami gejala, penyebab, dan pencetus keputihan pada bayi dan balita, kejadian keputihan bisa dicegah agar tidak terulang. Jika ditemukan ada gejala, orangtua perlu segera membawa anaknya ke dokter agar bisa diketahui penyebab keputihan secara pasti.

– Keputihan Pada Bayi Dan Balita –

reposted by : keputihan.web.id

tags: , , , , , , ,
Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !