Kista Ovarium

Friday, January 16th 2015. | fakta penyakit

Selamat datang kembali pada situs keputihan.web.id, pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi pengetahuan sedikit untuk Anda pengunjung situs kami. Kali ini, pembahasan menarik mengenai kista ovarium. Salah satu penyakit yang keberadaanya sangat tidak diinginkan. Memang benar, kista ovarium ini adalah penyakit tumor yang berupa kantong abnormal berisi cairan yang tumbuh dalam indung telur (ovarium). Berdasarkan keganasannya kista terbagi menjadi dua, yaitu nonneoplastik dan neoplastik. Kista nonneoplastik bersifat jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setalah 2 sampai 3 bulan. Sementara kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu tergantung pada ukuran dan sifatnya.

kista ovarium 1

Kista ovarium terbagi kedalam 2 jenis, apa saja?

1. Kista Ovarium Fungsional, merupakan jenis kista yang paling umum yang merupakan bagian normal dari siklus menstruasi wanita dan biasanya muncul sebentar kemudian menghilang dengan sendirinya.

2. Kista Ovarium Patologis, adalah jenis kista yang tumbuh didalam ovarium, terkadang bisa termasuk kedalam tumor yang tidak berbahaya (jinak) atau bahkan merupakan kanker (ganas).

Selain itu Kista fungsional asih terbagi kedalam 2 jenis, diantaranya adalah:

Jenis pertama adalah Kista folikel, adalah jenis kista yang paling umum dari kista ovarium. Seorang wanita memiliki dua ovarium, organ bulat kecil yang melepaskan telur setiap bulan. Telur bergerak ke uterus (rahim) tempat yang dapat dibuahi oleh sperma laki-laki. Telur kemudian terbentuk di folikel yang berisi cairan untuk melindungi telur yang tumbuh. Dalam beberapa kasus, folikel yang sehat tidak menumpahkan cairan dan menyusut setelah melepaskan telur ataupun tidak, akan tetapi ketika folikel membengkak dan berisi cairan, maka menjadi kista ovarium folikel. Biasanya satu kista akan muncul pada satu wajtu dan biasanya hilang dalam beberapa minggu. (tanpa melakukan pengobatan).

Kedua, adalah Kista ovarium luteal merupakan kista yang jarang sekali terjadi. Setelah sel telur dirilis meninggalkan jaringan di belakang (korpus luteum). Kista jenis ini berkembang ketika korpus luteum terisi dengan darah. Dalam banyaknya kasus, kista jenis ini juga akan menghilang dengan sendirinya akan tetapi dalam jangka waktu beberapa bulan. Terkadang dapat pula pecah dan membelah, hal inilah yang menyebabkan nyeri dan kemudian mengalami pendarahan internal.

Untuk Kista Patologis, ternyata sama dengan kista fungsionalΒ  terdapat 2 jenis kista, diantaranya sebagai berikut:

Pertama, aadalah Kista Dermoid, jenis kista yang paling umum dari jenis kista patologis dan biasanya terjadi pada wanita untuk usia dibawah 30 tahun. Tidak seperti kista ovarium lainnya, kista dermoid ini mempunyai rupa dan bentuk seperti manusia bahkan diantaranya ada yang memiliki gigi atau jaringan kelenjar tiroid. Namun tidak perlu khawatir, kebanyakan jenisk ista ini tidak bersifat kanker akan tetapi tetap akan beresiko membesar dan kemudian pecah yang kemudian menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan memicu gangguan kesehatan yang lain.

Kedua adalah kista denoma, jenis kista yang sering dialami wanita diatas usia 40tahun. Kista ini berkembang dari sel-sel yang melapisis bagian luar dari ovarium. Beberapa diisi substansi lendir yang tebal dan sisi lain mengandung cairan encer. Kista denoma biasanya akan tumbuh meleka pada ovarium dengan tangkai. Dengan posisi berada diluar ovarium kista denoma memiliki potensi yang luar biasauntuk tumbuh menjadi lebih besar, Meskipun kista jenis ini jarang bersifat kanker akan tetapu tetap saja harus segera diangkat melalui pembedahan bila kista sudah membesar.

Faktor Penyebab Timbulnya Kista antara lain adalah

  • Riwayat kista ovarium terdahulu
  • Siklus haid tidak teratur
  • Menstruasi di usia dini (11 tahun atau lebih muda)
  • Penderita hipotiroid
  • Penderita kanker patudaraa yang pernah menjalani kemoterapi (tamoxifen).

Pengobatan untuk kista ovarium adalah apabila kista sudah terlanjur tumbuh dan didiagnosa sebagai kista ovarium yang berbahaya, biasanya tindakan medis harus segera dilakukan. Operasi pengangkatan biasanya akan dilakukan untuk mencegah kista ovarium tumbuh lebih besar. Penyembahan dari kista juga tergantung pada jenisnya masing – masing. Kista neoplastik jinak dapat disembuhkan. Akan tetapi, penderita kista neoplastik ganas, sampai saat ini belum ada yang dinyatakan sembuh. Kemungkinan kambuh, tergantung dari penanganan atau operasi yang pertama kali dilakukan.

Nah, hanya sedikit yang saya ketahui dan ambil dari beberapa situs mengenai Kista Ovarium. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan selalu jaga kesehatan. Salam sehat! πŸ™‚

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik β€œDISINI !”