Mengulas Keputihan

Thursday, September 25th 2014. | pengertian penyakit keputihan

Mengulas keputihan,- Selamat datang pada situs obat keputihan ini. Dalam situs ini Anda akan kami suguhi beberapa artikel mengenai ulasan penyakit keputihan. Hal ini dimaksudkan sebagai pengetahuan saja, jadi semoga bermanfaat.

 

keputihan wanita

Pengertian Keputihan

Keputihan, sejatinya yang hanya dialami oleh kaum wanita adalah salah satu bentuk gangguan organ dalam wanita yang dialami hampir semua kaum wanita, dari mulai anak-anak dan dewasa bahkan wanita hamil. Ironisnya pada kebanyakan wanita tidak mengetahui tentang keputihan dan penyebab keputihan pada wanita itu sendiri dan malah yang menjadikan keputihan sebagai hal yang enteng. Justru jika tidak ditangani dengan baik, keputihan bisa berakibat fatal. Kemandulan dan kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan) bisa menjadi salah satu akibat dari adanya keputihan, selain itu gejala awal kanker rahim biasanya dimulai dengan adanya keputihan.

Keputihan dapat dilihat dari jenis keputihan itu sendiri. Keputihan terbagi kedalam 2 pengelompokan yaitu keputihan normal, dna kebutihan abnormal. Keputihan normal, mengandung lepasan jaringan vagina, jaringan leher rahim, lendir endoserviks dan bakteri yang baik terutama golongan Lactobacillus. Sekret vagina ini adalah sesuatu yang alamiah untuk membersihkan diri, sebagai pelicin dan pertahanan  dari berbagai infeksi. Siklus mens berpengaruh pada jumlah cairan yang keluar dari vagina. Pada fase pematangan telur (fase folikel) jumlah cairan yang keluar makin meningkat dan mencapai puncaknya pada saat ovulasi. Setelah itu kualitas cairan menjadi lebih kental.

keputihan (1)

Keputihan normal dapat ditandai dengan beberapa ciri atau tanda-tanda seperti berikut:

  • Bentuknya cair/encer
  • Warna bening atau sedikit putih
  • Jumlahnya sedikit
  • Hampir tidak berbau
  • pH asam, antara 3,8 – 4,5
  • Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

Sedangkan keputihan tidak normal dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya penyakit hygiene yang jelek, pemakaian obat-obatan dalam waktu yang lama terutama antibiotik, stress, infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur, atau tidak menjaga kebersihan organ vagina yang mudah lembab. Keputihan yang tidak normal seperti ini terjadi karena biasanya para wanita khusunya wanita pekerja yang telah buang air kecil langsung menggunakan celana dalam tanpa dilap atau dikeringkan dulu, atau tidak mengganti pembalut, tampon, dan panty liner sepanjang hari. Bayangkan saja, berangkat sekitar pukul 6 pagi dan baru kembali di rumah pukul 8 malam. Ini membuat wanita tidak sempat mengganti celana dalam selama 14 jam. Hal itu membuat kondisi vagina menjadi mudah lembap. Apalagi, ditambah dengan iklim Indonesia yang merupakan negara tropis yang mudah memicu kelembapan pada vagina, maka masalah tidak bisa dihindari.

Bagaimana ciri / tanda dari keputihan abnormal tersebut? Berikut diantaranya:

  • Bentuknya kental
  • Berwarna putih susu, kuning atau hijau
  • Dalam jumlah banyak
  • Berbau tidak sedap
  • Menimbulkan gatal kadang nyeri pada genital dan sekitarnya
  • Mengandung darah

Penting diketahui: Jika penyebab keputihan tidak normal tersebut berasal dari infeksi, maka infeksi tersebut akan menyebar ke sistem reproduksi bagian atas sehingga memicu radang, penyumbatan lubang dan saluran sistem reproduksi. Ini dapat mengakibatkan infertilitas/kemandulan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka dari itu sebaiknya dari sekarang hendaknya menjaga dan merawat organ kewanitaan Anda agar tetap bersih, dalam keadaan kelembaban yang wajar.

Seperti itulah kira-kira ulasan pengertian dan gejala dari keputihan. Ternyata keputihan juga tetap harus diwaspadai. Jadi, mulai dari sekarang mari elalu peduli untuk menjaga dan merawat organ-organ luar dan dalam agar tetap sehat dan tentunya terhindar dari berbagai macam penyakit.

tags: , , , , , ,
Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !