Meringankan Sakit Perut Saat Menstruasi

Tuesday, February 24th 2015. | Tips Sehat

Pada situs keputihan.web.id kali ini saya akan berbagi informasi seputar bagaimana caranya Meringankan Sakit Perut Saat Menstruasi. Mentruasi adalah hal yang lumrah yang terjadi pada kaum wanita. Dan hampir sebagian besar akan mengalami sakit pada perut saat menstruasi. Sakit saat menstruasi yang dialami bisa membuat wanita tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Tingkat rasa sakit yang dihadapi pun berbeda dari setiap wanita namun rasa tidak nyamannya tak bisa dihindari. Umumnya rasa sakit akan lebih terasa di hari pertama atau kedua menstruasi.

meringankan sakit perut saat mentruasi

Meskipun tidak dapat dihindari, ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meringankan sakit perut saat menstruasi, apa saja? Simak selengkapnya:

Tidur
Saat tubuh merasa tidak sehat, obat terbaik yang dapat dilakukan adalah tidur. Karena saat tidur, otot akan santai dan pulih. Tidur dengan waktu yang panjang saat menstruasi dan terbangun dengan perasaan santai.

Pijat
Lakukan pijatan ringan di bagian tubuh yang terasa sakit. Pijatan yang ringan akan mengendurkan otot dan membuatnya santai sehingga membuat kondisi tubuh lebih baik.

Kantung panas
Tempatkan kantung khusus atau botol yang berisi air panas pada bagian tubuh yang sakit. Namun pastikan untuk mengangkat kantung/botol tersebut sebelum tertidur nyenyak.

Mandi air hangat
Sama seperti kompres air hangat, mandi dengan menggunakan air hangat juga dapat menimbulkan efek yang nyaman.

Makanan ringan
Saat merasa sakit selama menstruasi, cobalah untuk mengkonsumsi makanan ringan karena makanan yang berat akan membuat perut tidak nyaman.

Karbohidrat kompleks
Beberapa ahli menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terbuat dari tepung halus karena sulit dicerna dan membuat sakit lebih parah sehingga pilih lah makanan dengan karbohidrat kompleks.

Buah dan sayur
Apapun masalah yang terjadi dalam tubuh, buah dan sayur selalu membantu. Begitu pula saat menstruasi. Buah dan sayur sangat ringan dicerna dan memiliki gula alami serta mengandung banyak cairan dan vitamin.

Hindari kopi
Bagi beberapa orang, kopi dapat membuat rasa sakit bertambah parah.

Hindari terlalu banyak gula dan garam
Tambahan gula dan garam dalam makanan dan minuman tidak baik dari segi apapun.

Tambah asupan cairan
Selama menstruasi, tubuh kehilangan banyak darah sehingga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, konsumsi lebih banyak air.

Obat
Untuk mengurangi rasa sakit, konsumsi obat anti-peradangan.

Olahraga
Olahraga membuat otot tetap lentur dan membantu mengurangi rasa sakit.

Turunkan berat badan
Jika tubuh kelebihan berat badan, cobalah untuk menurunkannya untuk meringankan rasa sakit saat menstruasi.

Aktif
Gaya hidup yang aktif memiliki banyak manfaat. Tidak hanya membuat tetap sehat, tapi juga membuat periode menstruasi berjalan tanpa masalah.

Vitamin
Berikan tubuh asupan vitamin agar tetap sehat. Dengan nutrisi yang baik, tubuh juga tetap sehat dan terhindar dari masalah seperti sakit saat menstruasi.

Demikianlah bagaimana cara Meringankan Sakit Perut Saat Menstruasi yang bisa Anda coba. Semoga dapat bermanfaat dan salam sehat selalu untuk Anda.

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !