Penyakit Herpes Genitalis

Thursday, February 5th 2015. | fakta penyakit

Penyakit Herpes Genitalis,- Herpes genitalis, adalah salah satu jenis penyakit infeksi yang menular seksual (ims) yang menyerang pada kulit atau selaputlendir mukosa dari mulut atau kelamin seseorang.  Herpes ini menyebar melalui sekresi mulut atau alat kelamin sselama kontak seksual. Herpes menyebaban luka, ruam dan lecet pada kulit yang terinfeksi dan terasa sangat perih dan menyakitkan. Jenis penyakit herpes seperti ini banyak terjadi di Amerika Serikat dan mengincar hampir sebanyak 20% orang dewasa. tidak hanya perempuan, laki-laki juga bisa mengidap penyakit herpes jenis ini. Penyakit herpes genitalis ini jauh berbahaya jika terjadi pada wanita, pasalnya penyakit herpes ini jika terjadi pada wanita hamil akan menyebabkan keguguran, gangguan syaraf otak janin, hingga kebutaan. Itulah mengapa wanita harus pandai dalam menjaga diri agar tidak tertularberbagai jenis penyakit menular seksual.

herpes genitalis

Cara penularan penyakit herpes genital terjadi melalui kontak dari kulit ke kulit, dapat pula ditularkan meallui satu bagian tubuh kebagian tubuh lainnya seperti dari daerah genital ke bagian tubuh lain seperti jari-jari, mata atau bagian tubuh lainnya melalui kontak langsung. Penularan herpes dapat juga terjadi pada ibu yang menularkan ke bayinya pada saat melahirkan.

Penyakit herpes genital dapat terjadi pada orang-orang yang lebih beresiko tinggi seperti:

  • Memiliki banyak atau berganti-ganti pasangan
  • Tidak menggunakan ‘pengaman’ saat berhubungan intim
  • Memiliki pasangan dengan riwayat penyakit herpes genital / herpes simplex
  • Melakukan hubungan intim melalui vagina, oral, atau anal dengan pasangan yang memiliki tanda-tanda gejala dari herpes genitalis.

Pengobatan yang benar-benar tepat dan efektif untuk mengatasi herpes ini belum ada, akan tetapi sudah ada obat antivirus (seperti asiklovir) yang dapat mempersingkat dan mencegah masa outbreak / serangan / wabah selama pasien mengkonsumsi obat tersebut. Untuk menjaga sebelum penularan terjadi, beberapa cara pencegahan berikut ini dapat mengurangi dampak dari penularan herpes genitalis yang bisa terjadi kapan saja, diantaranya:

  1. Usahakan hanya memiliki satu pasangan (monogamy) dan mengetahui status penyakit IMS (infeksi menular seksual) pasangan anda dan sehingga anda dapat mengetahui dan meminimalisir dari penularan herpes genitalia
  2. Menggunakan kondom lateks secara konsisten dan benar ketika berhubungan untuk mengurangi risiko penularan herpes.
  3. Setiap tanda gejala outbreak/serangan wabah adalah merupakan tanda untuk berhenti berhubungan seksual.
  4. Jika seseorang telah didiagnosis dan diobati sebagai penderita herpes, dia harus menghubungi semua pasangannya untuk melakukan konsultasi dengan dokter atau tempat pelayanan kesehatan.
  5. Dengan tidak melakukan hubungan adalah cara paling aman dan pasti untuk menghindari penularan atau tertularnya infeksi herpes.

reposted by : keputihan.web.id

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !