Penyebab Infeksi Saluran Reproduksi

Saturday, February 14th 2015. | fakta penyakit

Penyebab infeksi saluran reproduksi,- Kondisi seorang wanita khususnya pada area genitalia memang sangat sensitif dan mudah untuk terserang infeksi. Hal ini terjadi karena beberapa mekanisme pertahanan terhadap kuman mulai dari vagina hingga saluran tuba fallopi tersedia. Seperti halnya Infeksi Saluran Reproduksi. Infeksi saluran rekproduksi atau ISR adalah masuk dan berkembangnya kuman penyebab infeksi kedalam saluran reproduksi. Selain kuman, infeksi ini terjadi juga karena perkembangan bakteri, virus dan parasit. Fakta yang wajib diketahui adalah, perempuan lebih rentan terkena ISR dibandingkan laki-laki, hal ini terjadi karena saluran reproduksi perempuan lebih dekat ke anus dan saluran kencing. Gejala ISR sampai saat ini belum diketahui.

Penyebab Infeksi Saluran Reproduksi

Akibat dari Infeksi Saluran Reproduksi pada perempuan diantarana seperti terjadi kehamilan diluar nikah, kemandulan, kanker leher rahim, meningkatnya resiko terkena HIV, kelainan pada janin seperti BBLR, infeksi bawaan sejak lahir, bayi lahir mati dan premature.

Infeksi saluran reproduksi terbagi kedalam 3 bagian, diantaranya:

1. ISR Endogen

Adalah jenis infeksi saluran reproduksi yang paling umum didunia. Timbul akibat dari pertumbuhan tidak normal. Organisme yang harusnya tumbuh normal di dalam vagina, antara lain baginosis bakteri dan kandidiasis yang mudah disembuhkan.

2. ISR Iatrogenik

Adalah infeksi yang disebbakan oleh masuknya mikroorganisme kedalam saluran reproduksi melalui prosedur medis yang kurang steril, seperti induksi haid, pemasakangan AKDR, aborsi, peristiwa persalinan atau apabila infeksi sudah ada dalam slauran reproduksi bagian bawah menyebar melalui mulut rahim hingga ke saluran reproduksi bagian atas. Gejala yang mungkin timbul, antara lain rasa sakit disekitar panggul, demam tinggi secara tiba-tiba, menggigil , haid tidak teratur, cairan vagina yang tidak normal dan timbul rasa sakit saat berhubungan seksual.

3. PMS (Penyakit Menular Seksual)

Penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit yang cara penularannya terutama melalui hubungan seksual, baik secara heteroseksual maupun homoseksual. PMS juga diartikan sebagai penyakit kelamin yang ditularkan melalui hubungan seksual yang menyerang sekitar alat kelamin. Penyakit ini terjadi karena sebagian ditularkan melalui hubungan seksual dengan pasangan yang telah terinfeksi.

Infeksi Saluran Reproduksi dapat dicegah dengan beberapa hal berikut:

  • Mencegah infeksi baru dengan memutus jalur penularannya
  • ISR endogen dapat dicegah melalui peningkatan kebersihan individu, peningkatan akses pada pelayanan kesehatan yang bermutu, promosi, mencari pengobatan ke pelayanan kesehatan
  • ISR iatrogenik dapat dicegah melalui sterilisasi peralatan medis yang digunakan, skrining atau pengobatan terhadap ISR sebelum melaksanakan prosedur medis.
  • PMS dapat dicegah dengan menghindari hubungan seksual atau dengan melakukan hubungan seksual yang aman (monogami dan penggunaan kondom yang benar dan konsisten

 Nah demikianlah sedikit penjelasan mengenai Penyebab Infeksi Saluran Reproduksi, lebih dan kurangnya harap dimaklumi. Terima kasih atas kunjungannya pada situs kami, semoga kesehatan selalu bersama Anda.
reposted by : keputihan.web.id

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !