Penyebab Keputihan Deras Dan Kental

By | January 10, 2018

Keputihan merupakan proses alami yang terjadi pada tubuh wanita. Tidak heran, hampir semua wanita mengenal apa itu keputihan.

Keputihan yang terkadang membuat tidak nyaman karena terjadi dengan ciri tidak biasa, membuat sebagian wanita menjadi khawatir dengan keputihan. Dengan mengetal kondisi keputihan normal dan keputihan yang terjadi karena masalah kesehatan, tentu akan lebih mudah dalam penanganan selanjutnya.

Penyebab Keputihan Deras Dan Kental

Secara alami, sebenarnya fungsi dari keputihan (keputihan normal) adalah untuk membersihkan dan mengeluarkan Miss V dari kotoran yang masuk secara tidak sengaja. Keputihan normal ini akan berwarna normal seperti bening, keputihan, tidak keluar banyak, dan tidak berbau menyengat.

Namun jika keputihan yang terjadi justru memiliki cairan yang kental dengan intensitas yang deras (banyak), perlu diwaspadai jika kondisi ini terkait dengan beberapa masalah kesehatan berikut.

  • Infeksi Menular Seksual.

Ladies, penyebab dari keputihan tak normal pertama adalah IMS (Infeksi Menular Seksual). Kondisi ini umumnya diakibatkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat. Sering ganti pasangan tanpa menggunakan alat pengaman kondom. Selain keputihan yang tidak normal, hubungan seksual tidak sehat juga sangat mungkin meningkatkan risiko penularan penyakit, menurunnya daya tahan tubuh dan Miss V yang tidak sehat.

  • Infeksi Jamur.

Penyebab kedua dari keputihanterlalu deras dan kental berasal dari infeksi jamur. Infeksi ini bisa terjadi karena kebersihan Miss V tidak maksimal. Hal ini terjadi juga disebabkan oleh kebiasaan buruk malas ganti celana dalam, celana dalam terlalu ketat serta Miss V sangat lembab.

  • Ovulasi atau masa subur.

Saat Anda mengalami keputihan yang terlalu deras dan kental tidak serta merta sebagai risiko terserang penyakit. Kondisi tersebut juga bisa saja terjadi karena tubuh berada dalam fase ovulasi atau masa subur. Selain itu, keputihan ini juga terjadi karena Anda mengkonsumsi makanan yang menyebabkan produksi cairan penyebab keputihan di rahim meningkat.

  • Penggunaan alat kontrasepsi.

Bagi wanita yang sudah menikah dan menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, ternyata juga memiliki kemungkinan dalam mengalami keputihan yang berlebihan. Pada umumnya, mereka yang mengalami keputihan ini adalah mereka dengan hormon tubuhnya tidak cocok dengan alat kontrasepsi yang digunakan. Jika mengalami hal ini, konsultasikan masalah ini dengan bidan atau dokter ahlinya.

Baca lainnya :