Penyebab Keputihan Yang Disertai Bercak Darah

Wednesday, October 18th 2017. | Jenis Keputihan

Keputihan adalah proses alami dari tubuh untuk membersihkan sendiri organ vagina wanita dari infeksi dan iritasi. Keputihan yang normal, umumnya memiliki lendir yang tidak berbau, tidak berwarna dan tidak menyebabkan gatal. Namun, ada beberapa jenis keputihan yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah keputihan yang muncul dengan bercak darah.

Penyebab Keputihan Yang Disertai Bercak Darah

Keputihan yang bercampur dengan bercak darah biasanya terjadi karena beberapa faktor berikut ini.

1. Infeksi yang terjadi pada sistem reproduksi.

Infeksi saluran reproduksi seperti kutil kelamin, gonore, dan klamidia kadang-kadang membuat perdarahan ringan yang menimbulkan keputihan berdarah. Infeksi bakterial vaginosis, infeksi jamur ragi, dan infeksi trikomoniasis yang disebabkan oleh protozoa menyebabkan keputihan menjadi kental, berbau menyengat dan amis, meskipun terkadang infeksi ini tidak menunjukkan beberapa gejala. Selain itu, vagina lecet akibat akitivitas seksual juga bisa menyebabkan keputihan bercampur darah, terutama bagi wanita yang memiliki vagina kering.

2. Hormon dan siklus menstruasi.

Ada sejumlah faktor penyebab seseorang mengalami keputihan berdarah erat kaitannya dengan hormon dan siklus menstruasi, yaitu:

  • Akibat siklus anovulasi; kondisi di mana ovarium gagal melepaskan sel telur. Siklus anovulasi terjadi pada wanita yang baru pertama kali menstruasi dan pada wanita yang mendekati menopause.
  • Wanita yang menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  • Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal; biasanya mengalami pendarahan uterus, yang disebut yang bisa menyebabkan keputihan berwarna merah atau kecokelatan. Umumnya lebih sering terjadi pada mereka yang menggunakan kontrasepsi suntik dan pil KB.
  • IUD hormonal; menimbulkan bercak keputihan, terutama selama beberapa bulan pertama penggunaan.
  • Pengaruh kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau bahkan kurang aktif; menyebabkan ketidakseimbangan kadar hormon wanita.

3. Kondisi medis lainnya.

Jika keputihan yang terdapat bercak kecokelatan atau kemerahan yang disertai dengan perdarahan muncul saat kehamilan, hal ini mungkin menandakan adanya masalah pada bagian rahim, seperti keguguran, persalinan prematur atau kelainan plasenta. Selain itu, munculnya bercak atau pendarahan juga bisa sebagai indikasi pada masalah reproduksi wanita seperti fibroid rahim, tumor, ataupun kanker.

Apakah keputihan yang disertai bercak darah sifatnya berbahaya? Untuk menjawabnya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kemunculan keputihan berdarah tersebut.

Semoga bermanfaat, salam.

Posted by Obat Keputihan Wanita.

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !