Penyebab Wanita Mengalami Sering Buang Air Kecil

Tuesday, January 26th 2016. | fakta penyakit

Kejadian seperti sering buang air kecil memang dapat terjadi pada siapa saja, termasuk wanita. Namun, penyebab dari hal tersebut pun beragam. Buang air kecil atau kencing adalah hal yang baik jika dilakukan dengan wajar, karena dengan keluarnya air kencing tersebut, itu pertanda tubuh berhasil mengeluarkan sisa-sisa metabolisme tubuh dan racun-racun dari dalam tubuh.  Anda bisa dikatakan memiliki frekuensi buang air kecil yang terlalu sering jika merasa ingin buang air kecil setiap dua jam sekali atau lebih. Lalu, mengapa ini bisa terjadi? dan apa penyebabnya?

Penyebab Wanita Mengalami Sering Buang Air Kecil

Ada banyak hal yang menyebabkan wanita sering buang air kecil. Hal ini bisa disebabkan oleh kebiasaan, rasa cemas, atau adanya masalah dengan organ tubuh. Berikut adalah beberapa alasan mengapa frekuensi buang air kecil menjadi tak wajar pada wanita,

1. Infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke kandung kemih melalui uretra. Infeksi bisa terjadi karena banyak hal, misalkan diabetes, penggunaan antibiotik secara berlebihan, penyakit menular seksual, atau kebersihan yang kurang terjaga. Jika ini penyebabnya, biasanya Anda tak hanya sering buang air kecil, tetapi kebiasaan buang air kecil juga menjadi lebih menyakitkan. Segera temui dokter untuk mengatasi masalah ini.

2. Kandung kemih yang terlalu aktif.

Seseorang juga bisa mengalami buang air yang terlalu sering jika mereka memiliki kandung kemih yang terlalu aktif. Hal ini biasanya disebabkan oleh otot pelvis yang terlalu lemah, masalah pada saraf, kelebihan berat badan, atau kekurangan hormon estrogen. Kekurangan hormon estrogen biasanya terjadi ketika seorang wanita akan memasuki masa menopause.

3. Minum banyak air.

Terkadang penjelasan mengapa seseorang terlalu sering buang air kecil sangat sederhana, yaitu karena terlalu banyak minum air. Ketika cuaca panas, seseorang pasti akan cenderung minum lebih banyak air untuk menghindari dehidrasi. Namun hal ini akan menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Jika ini penyebabnya, Anda tak perlu khawatir.

4. Penyebab lainnya.

Selain hal-hal di atas, terlalu sering buang air kecil juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti rasa cemas, obat-obatan, stroke, kondisi sistem saraf atau otak yang tak baik. Selain itu beberapa masalah pada tubuh seperti infeksi ginjal, prostat yang membesar, tumor, atau infeksi pada kelenjar prostat juga bisa membuat wanita terlalu sering buang air kecil.

Baca juga : Tips Dokter Untuk Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Penyebab Wanita Mengalami Sering Buang Air Kecil |

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !