Salah Konsumsi Antibiotik Sebabkan Keputihan Tak Kunjung Sembuh

Friday, February 17th 2017. | Artikel kesehatan

Jenis obat yang tidak boleh sembarangan dikonsumsi adalah Antibiotik. Obat yang satu ini apapun mereknya harus dikonsumsi sesuai resep dokter. Karena saat salah mengkonsumsi obat tersebut, bisa-bisa malah menyebabkan resistensi mikroba, salah satunya mengakibatkan keputihan yang tak kunjung sembuh.

Salah Konsumsi Antibiotik Sebabkan Keputihan Tak Kunjung Sembuh

Rukmono Siswishanto, seorang Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUP Sardjito, menjelaskan saat pertemuan yang diselenggarakan di Graha Alumni FK UGM, jika Keberadaan bakteri dalam tubuh itu normal, asalkan seimbang.

Namun saat asupan antibiotik yang berlebihan, justru malah dapat menyebabkan ketidakseimbangan organisme kecil tersebut. Sehingga yang terjadi adalah penyakit dalam tubuh pun muncul. Apalagi jika konsumsi antibiotik dapat berpengaruh pada bakteri di seluruh tubuh. Bukan hanya bagian tertentu yang diserang saja.

Beliau kemudian mencontohkan yaitu ketika seseorang sakit flu lalu mengonsumsi antibiotik sembarangan, yang mati bukan hanya bakteri / virus di saluran pernafasan, tapi juga bakteri di sekitar Vagina. Lalu setelahnya berakibat menyebabkan ketidakseimbangan kadar asam area kewanitaan. Saat bakteri baik di Vagina mati, maka jamurnya akan berkembang pesat dan menyebabkan penyakit di area tersebut. Salah satunya keputihan yang tidak sembuh-sembuh.

Selain di Vagina, organ lain yang memang dihuni banyak bakteri lainnya yaitu usus. Jika mengkonsumsi antibiotik terlalu berlebihan, justru keseimbangan bakteri di usus juga dapat terganggu dan menyebabkan proses pencernaan akan bermasalah.

Namun bukan hanya karena konsumsi antibiotik yang berlebihan tanpa aturan saja yang menyebabkan kondisi tersebut. Kesalahan dalam mengonsumsi antibiotik seperti lupa minum secara teratur, dan berhenti minum karena dirasa sudah sembuh juga dapat menyebabkan kondisi serupa.

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !