Tanaman Herbal Obat Alami Keputihan

By | April 25, 2018

Pengobatan keputihan dapat dilakukan dalam berbagai cara, diantaranya pengobatan antibiotik dari dokter, herbal, atau memilih pengobatan lainnya melalui tanaman herbal.

Sah-sah saja jika Anda memilih pengobatan melalui herbal atau tepatnya tanaman herbal. Karena tidak dapat dipungkiri, negara kita menjadi salah satu negara dengan kekayaan tumbuhan obat yang bahkan masih digunakan hingga kini oleh masyarakat.

Tanaman Herbal Obat Alami Keputihan

Beberapa tanaman herbal yang biasa dimanfaatkan sebagai cara alternatif dalam pengobatan Keputihan, diantaranya adalah :

1. Daun sirih.

Dari dulu daun sirih sering digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan pada area kewanitaan / miss V. Bahkan, sudah banyak produk kecantikan yang bahan dasarnya ekstrak daun sirih. Daun sirih memiliki sifat alami sebagai anti bakteri, sehingga bisa menghilangkan semua bakteri penyebab keputihan. Selain itu daun sirih juga bersifat antiseptik, bisa membuat area miss v lebih kesat, bersih dan menghilangkan bau tak sedap.

*Tips : Gunakan 5 lembar daun sirih yang agak mudah. Cuci bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Biarkan hingga dingin, lalu gunakan untuk mencuci / membasuh bagian miss V Anda. Lakukan perawatan ini 2 kali sehari secara rutin.

2. Akar rimpang.

Akar rimpang juga bisa digunakan sebagai tanaman obat tradisional keputihan. Akar rimpang ini bisa diambil dari umbi akar bunga kana. Tanaman ini ampuh untuk mengatasi masalah keputihan yang Anda alami.

*Tips : Ambilah beberapa genggam akar rimpang kemudian keringkan. Tumbuk dengan beras ketan. Kemudian ambil perasan airnya. Didihkan sebentar kemudian minum air tumbukan tersebut setiap harinya. Ini akan membantu menyembuhkan keputihan dengan cepat.

3. Akar mawar.

Akar mawar ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit keputihan. Selain dengan akarnya, Anda juga bisa memakai air mawar yang banyak dijual di pasaran. Kandungan didalamnya bisa menghilangkan bakteri keputihan dengan cepat dan tuntas.

*Tips : Ambilah beberapa akar mawar. Lalu jemur sampai kering. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan akar mawar untuk membasuh area miss v atau diminum. Jika diminum bisa ditambahkan madu, supaya rasanya tidak hambar.

4. Daun kemangi.

Daun kemangi tidak hanya digunakan untuk lalapan dan menghilangkan bau badan, manfaatnya juga bisa membantu mengatasi keputihan. Daun kemangi memiliki sifat anti bakteri yang akan membunuh semua bakteri penyebab keputihan.

*Tips : Ambilah 10 lembar daun kemangi, rebus dengan air sampai mendidih. Kemudian gunakan untuk membasuh area Miss v secara rutin setiap harinya.

5. Kunyit.

Kunyit juga bisa dijadikan alternatif sebagai tanaman herbal obat keputihan. Kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, sehingga bisa membersihkan area Miss v dengan cepat.

*TIps : Ambilah 2 rimpang kunyit. Bersihkan kulitnya lalu cuci bersih. Rebus dengan gula aren dan buah asam. Minum air rebusan tersebut sehari satu kali. Jika dikonsumsi dengan rutin, penyakit keputihan anda sembuh.

Penting untuk selalu diingat, jika penggunaan tanaman obat tradisional keputihan harus sesuai kebutuhan. Artinya, jangan mengkonsumsi terlalu banyak dan bergantung pada herbal tersebut.