Waspada Keputihan Yang Bisa Mengancam Jiwa

Friday, November 4th 2016. | penyakit keputihan

Meskipun kelihatannya gangguan keputihan pada wanita adalah merupakan hal yang wajar, namun kita juga harus melihat bagaimana keputihan yang normal dan abnormal terjadi.

Jika keputihan normal biasa terjadi pada periode sebelum menstruasi atau sesudah menstruasi. Namun sayanngya tidak banyak dari wanita yang mengetahui bahwa keputihan bisa jadi tanda / alarm berbahaya bagi kondisi reproduksi bagian tubuh yang ternyata sedang dalam masalah.

Waspada Keputihan Yang Bisa Mengancam Jiwa

Diluar itu, beberapa keputihan yang berbahaya bisa menyebabkan keguguran bagi wanita hamil, hingga mengancam jiwa.

Pada dasarnya, keputihan adalah cairan berlebih yang keluar dari liang vagina, dan bisa bersifat fisiologis (normal) dan patologis (abnormal). Ciri dari keputihan  fisiologis dapat terlihat dari waktu terjaidnya yaitu dalam masa subur 14 sampai 16 hari sesusah mensruasi. Dengan lendir keputihan yang tidak berbau, tidak terlalu kental dan berwarna bening. Dengan ciri keputihan tersebut, tidak perlu sampai memerlukan penanganan khusus. Karena biasanya cukup diatasi dengan menjaga hugiene daerah kewanitaan dengan mencuci / membasuh menggunakan air bersih yang mengalir dari depan kebelakang, bukan sebaliknya.

Pada jenis keputihan patologis, akan bisa dilihat melalui ciri yang terdiri dari lendir keputihannya yang terlihat berbeda dari keputihan fisiologis. Warna dari cairan keputihan patologis diantaranya seperti putih keju. Hal ini dikarenakan infeksi jamur. Bisa juga berwarna putih kekuningan atau kehijauan yang berasal dari parasit trikomomonas, lalu berwarna lebih keruh diakibatkan infeksi bakteri bakteri vaginosis. Infeksi pada bagina juga dapat mengganggu flora normal yang akhirnya merubah pH sehingga membuat tidak nyaman dan akhirnya merasa terganggu.

Jika kondisi ini tetap dibiarkan begitu saja, maka waspadalah terhadap kanker leher rahim / serviks. Keputihan yang keluar dengan bercampur darah terutama setelah ‘berhubungan’ dengan pasangan, dan berbau busuk juga tidak boleh dibiarkan. Gejala-gejala yang biasanya akan muncul jika keputihan semakin berbahaya adalah penurunan berat badan, mual dan muntah, lemas, tidak merasa nyaman pada areap inggul dan masih banyak lagi. Jika sudah seperti itu, Anda tidak boleh membiarkannya terlalu lama, segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi selanjutnya dan tindakan apa yang harus dilakukan.

Itu saja,  semoga dapat bermanfaat. Salam 🙂

Baca juga : Makanan Enak Ini Ternyata Menyebabkan Keputihan

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya KlikDISINI !